Senin, 14 Februari 2011

Tutorial Membuat pesawat Jet Pada blender 2.53

                Membuat Objek 3dimensi memang cukup sulit, terlebih lagi menggunakan software yang satu ini. Tapi, karena faktor tugas saya dipaksa untuk bisa menggunakan software ini. Langsung aja Disini saya akan memberikan tutorial BLENDER dalam pembuatan sebuah pesawat jet, yang mungkin sedikit mirip dengan jet gundam. Langkah awal yang harus kita lakukan adalah membuat kerangka dari jet yang akan dibuat seperti dibawah ini :
Pertama kita masukkan Cube terlebih dahulu untuk nantinya kita extrude dan scale sesuai dengan yang akan kita pakai, selain itu bisa kita subdivide juga agar terbagi beberapa bagian.






Maka setelah kita setting semua vertexnya, maka akan menghasilkan gambar seperti dibawah ini :
Setelah kita buat rangka awal maka kita akan membuat rangka selanjutnya, pengerjaannya pada umum sama saja seperti awal namun extrude dan scale yang berbeda sehingga kita dapat menghasilkan beberapa gambar seperti dibawah ini :
Setelah itu kita akan memberikan tambahan untuk jet ini yang akan kita tambahkan pertama adalah sayap dari jet ini dengan cara seperti dibawah ini :
Gambar diatas adalah sayap jet bagian kanan, pada umunya gambar ini dibuat dari sebuah cube yang kita extrude dan setting beberapa vertexnya, setelah itu kita tambahkan pernak-pernik dari sayap ini seperti dibawah ini :
Pada umunya object-object diatas terbuat dari cube dan tube namun kita memainkan extrude dan scalenya. Sehingga menghasilkan beberapa object seperti diatas. Setelah kita masukkan kedalam jet maka akan menghasilkan object seperti dibawah ini :
Setelah itu kita akan buat kaca depan dan beberapa acessoris dari jet ini dengan menggunakan cube tetapi untuk pewarnaan kaca kita berikan transparan sehingga bagian dalam dapat kita lihat seperti dibawah ini :
Kita setting pewarnaan dapat dilakukan pada toolbar sebelah kanan seperti dibawah ini :
Dapat kita setting warna dan juga transparant dari gambarnya dapat kita lihat settingannya diatas untuk melakukan transparant. Setelah itu kita akan membuat bagian belakang dari jet ini dengan cara seperti dibawah ini :
Untuk membuat gambar diatas kita memrlukan circle yang nantinya kita extrude dan scale masing-masing vertexnya. Seperti berikut :
Dan menghasilkan object seperti diatas ini. Setelah itu kita akan membuat beberapa bagian belakang jet ini seperti object dibawah ini :
Pada gambar diatas dapak kita lihat untuk bagian belakang terdapat mufler untuk jet dan itu dapat kita buat dengan beberapa plane untuk membentuknya :
Setelah semua selesai kita akan mewarnai beberapa bagian dari jet tersebut dengan menggunakan Toolbar sebelah kiri :
Semuanya dapat kita set disini. Dan setelah semua diwarnai maka kita akan mendapatkan hasil seperti dibawah ini :



3 komentar:

  1. ka ngewarnain satu persatu sisi itu carannya gimana ?

    BalasHapus
  2. kalau satu sisi aj w kurang tau. . . soalnya yg w pake itu untuk ngewarnain suatu objek, klo mau lebih tau tentang blender bisa belajar disini http://www.blenderguru.com/videos/introduction-to-rigging. . . mkasih udah brkunjung :)

    BalasHapus